Penutupan PORNAS KORPRI Tahun 2023 Selesai,  Sumsel Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah Tahun 2025

Nasional45 Dilihat

Semarang, oganilirtv.com,- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Ario Bimo Nandito Ariotedjo, secara resmi menutup Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2023 di Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Jumat malam (21/7).

Pada penutupan tersebut, Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel, H Edward Candra, didampingi pejabat lainnya.

Sumsel sendiri ditunjuk menjadi tuan rumah PORNAS XVII pada tahun 2025 mendatang. Adapun kegiatan ini sendiri diselenggarakan oleh KORPRI Nasional, dan kegiatan ini dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang Karang Rejo, Gajah Mungkur Kota Semarang provinsi Jateng.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Sumsel H Edward Candra, M.H, dalam kesempatannya mengatakan mengucapkan banyak-banyak terima kasih lantaran telah diberikannya kepercayaan tongkat estafet untuk penyelenggaraan event selanjutnya yakni PORNAS KORPRI tahun 2025 mendatang.

“Alhamdulillah, Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah pada tahun 2025 mendatang. Sumsel akan selalu siap jika memang disuruh untuk menjadi tuan rumah setiap kegiatan, baik itu kegiatan skala Nasional, ataupun skala lainnya. Karena perlu untuk diketahui, di Sumsel sendiri untuk infrastruktur penunjang kegiatan terutama untuk olahraga sudah sangat lengkap dan sudah berstandar Internasional,” bebernya.

Ia menambahkan, Provinsi Jateng dilinai sukses melaksanakan PORNAS Ke XVI ini, dimana didalam pelaksanaannya sangat meriah, dan para peserta dari setiap provinsi sangat antusias mengikuti event ini.

“Sangat atusias altet dari setiap provinsi. Ini juga bisa dijadikan contoh agar nanti Sumsel bisa menjadi tuan rumah yang baik dan tentu sukses,” ujarnya.

Sebelumnya, Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, mengatakan ajang tersebut sebagai memperat silaturahmi dan soliditas. PORNAS KORPRI ke XVI tahun 2023.

“Ini adalah event yang sangat baik, sebagai simbol silaturahmi persahabatan dan menjaga kekompakan soliditas sesama Aparatur Sipil Negara (ASN). Selepas PORNAS ini diharap seluruh ASN dapat meningkatkan sinergi antar sesama. Selain itu juga, ajang dua tahunan ini diharap mampu memberikan rasa positif dalam hal mendorong semangat kerja untuk lebih lagi, termasuk didalamnya memberikan pelayanan kepada publik,” ujarnya.

Kemudian, PORNAS KORPRI Jateng sukses besar dengan semua cabor terselenggara dan hampir merata dalam perebutan medali dari peserta baik provinsi maupun kementerian dan lembaga. Selama 11 hari penyelenggaraan, Kontingen Jateng keluar sebagai juara umum PORNAS KORPRI XVI tahun 2023, di susul Kemenpora, Jawa Timur (Jatim), Bali dan Jawa Barat. Dimana Jateng mengoleksi sebanyak 35 medali terdiri dari 11 emas, 12 perak, dan 12 perunggu.

“Saya mengapresiasi gelaran PORNAS KORPRI XVI tahun 2023 berjalan sukses dengan meriah, guyub dan suka cita. Adanya event ini semakin erat, kesolidan antar pegawai, sinergi antara institusi. Event ini akan memiliki suka cita dan membawa semangat bekerja lebih baik dan gembira,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KORPRI Nasional, Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan terciptanya rekor baru sepanjang pelaksanaan PORNAS XVI KORPRI kepada ribuan tamu dan kontingen yang datang. Minat untuk penyelenggaraan PORNAS KORPRI terus semakin bertumbuh, dimana semakin tahun kepesertaan semakin meningkat.

“Saya ucapkan terimakasih Provinsi Nusa tenggara Timur (NTT), Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya yang telah berusaha mengirimkan atlet terbaiknya sehingga tidak ada lagi provinsi yang tidak mengirimkan atletnya,” katanya.

Masih dilanjutkannya, dalam PORNAS XVI KORPRI 2023 di Kota Semarang terdata 101 kontingen dari 38 provinsi dan 63 kementerian/lembaga, melalui 10 cabang olah raga, dan kurang lebih 6000 atlet, official dan pelatih yang turut ambil bagian. Statistik keikutsertaan ini naik dari penyelenggaraan pada tahun sebelumnya di Yogyakarta.

“Posisi pertama kontingen terbanyak yang mengikuti PORNAS XVI KORPRI, lanjut Zudan, ditempati oleh Provinsi Jateng sebanyak 183 peserta. Selanjutnya secara berturut-turut ditempati terbanyak ke 2 oleh Sumatera Barat (Sumbar) dengan 179 peserta dan ke 3 Jawa Barat (Jabar) dengan 173 peserta,” ucapnya. (ton)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *