Gubernur Herman Deru Lepas Keberangkatan Ratusan Pemudik Asal Sumsel ke Sejumlah Daerah di Pulau Sumatera dan Jawa

#Beri Fasilitas Mudik Gratis 19 Unit Bus  Untuk Masyarakat 

Pemprovsumsel51 Dilihat

PALEMBANG, OGAN ILIR TV,- Gubernur Sumsel H Herman Deru melepas ratusan pemudik yang menggunakan fasilitas mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu (19/4).

Orang nomor satu di Sumsel itu memberikan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat akan melakukan perjalanan mudik ke sejumah kota dan kabupaten di dalam provinsi maupun ke luar provinsi.

Menurut Herman Deru, mudik gratis tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu masyarakat Sumsel, khususnya menengah kebawah. “Sejak covid 19 melandai dan pembatasan ditiadakan, kita langsung ambil peran untuk menggelar mudik gratis ini. Dengan adanya ini, Pemudik tentu terbantu,” paparnya.

Selain itu, digelarnya mudik gratis itu juga guna memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat.

“Meski ini merupakan hal kecil namun memberikan dampak besar. Mudik gratis ini merupakan cara kita untuk meminimalisir kemacetan dan menekan angka kecelakaan serta menekan angka pemudik dengan menggunakan sepeda motor,” terangnya.

Dia menyebut, mudik gratis ini tentu memberikan fasilitas lebih kepada para pemudik termasuk asuransi selama dalam masa mudik lebaran 1444 H.

“Jadi para pemudik ini kita berikan asuransi. Bukan hanya dalam perjalanan ke kampung halamannya, tapi asuransi Jasa Raharja yang kita berikan itu selama 14 hari. Selain itu, kenyamanan mereka tentu terjamin karena petugas selalu memonitor,” tuturnya.

Hal itu dilakukan, sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada masyarakat. “Ini sebagai jaminan kita kepada para pemudik. Kita harapkan pemudik ini selamat sampai tujuan dan selalu dalam keadaan sehat saat kembali lagi ke Sumsel,” paparnya.

Diketahui, sedikitnya ada 19 bus yang diturunkan dalam mudik gratis tahun 2023 ini. Dimana, 12 bus dipersiapkan untuk melayani rute ke berbagai kabupaten dan kota diantaranya Palembang, Sekayu, Lubuklinggau, Muratara, Kayuagung, Belitang, Muara Dua, Muara Enim, Baturaja, Lahat, Tebing Tinggi, Pagaralam dan Pendopo.

Sementara 7 bus lainnya melayani tujuan luar provinsi seperti Medan, Padang, Jakarta, Lampung, dan Solo. “Kurang lebih 748 penumpang yang kita berangkatkan. 472 penumpang merupakan penumpang di dalam provinsi dan 276 penumpang ke luar provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa.

Menurutnya, mudik gratis ini juga merupakan kerjasama dengan BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan perusahaan transportasi. “Ini dilakukan sesuai dengan arahan pak Gubernur. Di tahun ini juga ada dua moda transportasi untuk melayani mudik gratis yakni kereta api dan bus,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Ari Narsa, menambahkan, arus mudik mulai ada peningkatan di Tanjung Api-Api baik  mobil pribadi, arah Bangka ke Palembang, Palembang ke Bangka.

“Sehingga kita mengambil langkah menambah ekstra field trip kapal dari 14 menjadi 17. Mulai hari ini sampai tanggal 20 April 2023 kita tambah ekstra trip. Kita sudah membentuk pos-pos terutama yang rawan kemacetan, kecelakaan, dan kejahatan,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri, dan stakeholder yang lain, termasuk juga dari Dinas Kesehatan (Dinkes).  Selain itu juga menyiapkan mobil derek, dan team reaksi cepat.

“Kemarin di Betung yakni di Pangkalan Balai terjadi macet, dan sudah kita lakukan penderekan truck, kita tarik tujuannya untuk mengantisipasi kemacetannya,” bebernya.

Ditambahkannya, dimana ada 7 kendaraan unit mobil derek, setiap-setiap titik kita, di kabupaten/kota itu disediakan. Bukan hanya itu saja, dijalan tol juga disiapkan.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias sekali untuk menyambut mudik gratis ini, ada peningkatan dengan ini. Bisa dilihat pendaftaran kemarin, baru kita buka 3 hari sudah penuh, itu pun busnya kita tambah, awalnya dari 16 bus sekarang menjadi 19 bus. Selain bus sebagai akomodasi transportasi ada juga kereta api yang disediakan, dan tidak menutup kemungkinan kedepan akan ada untuk kapal dan lainnya,” jelasnya.

Hadir dalam pelepasan mudik gratis tersebut, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Kepala PT. Jasa Raharja Sumsel Abdul Haris, Kepala PT Jasa Raharja Putra Palembang Hendra Setiawan, Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel Denny Michels Adlan, dan sejumlah pihak lainnya. (ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *