Berikan Pelayanan Optimal, PT Hutama Karya Terjunkan Satgas Siaga Mudik Hari Raya Idul Fitri

Politik84 Dilihat

Lampung, Ogan Ilir TV,- Guna memberikan pelayanan pada arus mudik dan balik Lebaran 2023, di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Rest Area 234 Jalur A Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), psecara simbolis dilaksanakan pada Kick Off Apel Siaga Mudik Lebaran 2023 pada Selasa (4/4)).

Dipimpin langsung oleh Jarot selaku Kepala Unit Patroli Jalan Raya Simpang Pematang, Apel Siaga dihadiri oleh Direktur Operasi III Hutama Karya selaku Pembina Upacara, dan diikuti oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Tim Penanganan Jalur Mudik Lebaran Tahun 2023 Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, seluruh Branch Manager ruas tol yang dikelola Hutama Karya, Ketua Basarnas Provinsi Sumatra Seletan, Kapolres Kabupaten Mesuji & Tubaba, Kepala Dishub Kabupaten Mesuji, Tubaba & OKI serta petugas-petugas lainnya.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa Apel Siaga digelar sebagai tanda kesiapan dan komitmen Hutama Karya dalam memberikan pelayanan terbaik di JTTS kepada seluruh pemudik.

“Arus mudik dan balik tahun ini akan lebih menantang karena tol JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya semakin bertambah panjang, baik yang operasional maupun yang fungsional. Kami telah menyiapkan berbagai strategi dan mitigasi yang matang, mengoptimalkan pelayanan, memastikan kondisi jalan serta fasilitas di jalan tol utamanya rest area nyaman digunakan oleh pemudik,” ujar Koentjoro dalam arahannya.

Lebih lanjut Koentjoro menyampaikan bahwa di tahun ini Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS saat Mudik Lebaran 2023 mendatang sebanyak 2.878.203 kendaraan atau meningkat sekitar 35% jika dibandingkan  dengan VLL normal.

“Angka ini merupakan akumulasi volume lalu lintas dari total seluruh ruas yang dikelola oleh Hutama Karya di JTTS,” ujarnya.

Koentjoro juga berpesan kepada seluruh petugas siaga untuk amanah dalam menjalankan tugas serta menjaga kesehatan pelayanan mudik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H di JTTS dapat berjalan dengan lancar.

Apel siaga ditutup dengan pengecekan seluruh armada siaga di Jalan Tol Terpeka untuk memastikan kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya sudah teruji kesiapannya. Seusai apel berlangsung,

Selain itu juga, manajemen Hutama Karya juga turut secara langsung membagikan lebih dari 100 takjil gratis kepada pemudik di Rest Area 234 dan 311 Jalur A agar pemudik merasakan atmosphere mudik di jalan tol yang dikelola Hutama Karya.

“Melalui kick off Apel Siaga ini diharapkan arus mudik dan balik di JTTS dapat berjalan lancar dari berbagai aspek dan juga dapat meningkatkan semangat dan kinerja para personil yang bertugas agar terus memberikan pelayanan optimal, serta sebagai tanda kesiapan seluruh tim memastikan jalan tol yang dikelola sudah aman dan siap dilalui oleh pemudik,” tutur Koentjoro.

PENINGKATAN KUALITAS JALAN TOL DIPASTIKAN RAMPUNG SEBELUM ARUS MUDIK DIMULAI

Selain kesiapan fasilitas, armada & personil siaga, Hutama Karya juga tengah melakukan peningkatan kualitas jalan tol dengan melakukan pemeliharaan di beberapa jalan tol yang dikelola, khususnya pada Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung berupa pemeliharaan rutin seperti scraping, filling & overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali, serta peningkatan kualitas jalan tol yang bersifat long-term sustainability seperti rekonstruksi agar dampak pemeliharaannya bukan hanya bersifat sementara tapi lebih permanent sehingga kualitas jalan tol akan meningkat lebih baik lagi.

“Hutama Karya pastikan bahwa seluruh pemeliharaan tersebut akan rampung pada 6 April sebelum berlangsungnya arus mudik sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik dan tidak berdampak pada lalu lintas di jalan tol.” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

“Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol,” pungkasnya. ***.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *